Sabtu, 05 Maret 2011

Makalah Hukum Newton

PETA KONSEP



Apa itu Gaya?

Pernahkah kalian mendorong sebuah lemari? kebetulan disini kami pernah, dan rasanya pasti sangat berat kan? Dalam gambar di atas terlihat bahwa sebuah lemari di dorong oleh seseorang dan di tarik oleh seseorang dengan arah yang sama. Setelah itu pasti terjadi perubahan letak/posisi lemari tersebut. Percepatan yang menyebabkan lemari tersebut bergerak berpindah posisi itulah yang disebut dengan gaya. Gaya dapat di artikan sebagai semacam dorongan atau tarikan terhadap suatu benda yang memiliki arah dan besar.

Gaya Internal


Pernahkah kalian melihat beberapa balok yang disusun berjajar seperti gambar di atas? Ketika kedua balok di atas didorong terjadi interaksi antara balok-balok tersebut sehingga menimbulkan gaya pada sistem tertutup tersebut.

Gaya Eksternal

Ketika kedua balok di atas dihubungkan oleh seutas tali dan kita tarik maka kedua balok tersebut akan bergerak. Gaya yang menyebabkan kedua balok tersebut bergerak disebut gaya ekstenal.

Kelembaman Benda

Pernahkah kalian mencoba mendorong sebuah mobil mogok? Pastinya berat sekali kan? Meskipun kita berusaha sekuat tenaga untuk mendorongnya tapi mobil tersebut seakan-akan enggan untuk berpindah tempat sedikitpun. Hal itu karena mobil cenderung berusaha tetap mempertahankan keadaannya atau posisinya. Butuh gaya yang lebih besar untuk menggerakkannya. Namun pada saat mobil bergerak dan kita berada dalam mobil tersebut, apabila mobil tersebut bergerak dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba di rem mendadak, maka tubuh kita pasti akan terdorong ke depan. Hal itu karena tubuh kita berusaha mempertahankan posisi/kedudukan kita. Itulah yang dimaksud dengan kelembaman benda(inersia) yakni kecenderungan untuk mempertahankan posisi/kedudukannya.

F=0, a = 0 karena v=0 (diam), atau v= konstan (GLB)


Untuk lebih lanjutnya kalian bisa mendownload di:

makalah Hukum Newton




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger