Sabtu, 12 Maret 2011

Cara Mencerdaskan Otak

1. Hafalkan Banyak Ayat Al.Quran



Dengan menghafalkan banyak Ayat-ayat Al-Quran daya ingat otak kita kan meningkat pesat sehingga akan lebih mudah dalam menyerap segala materi pelajaran yang diberikan pada kita. Banyak menghafalkan Al-Quran juga akan mencegah otak kita dari kepikunan pada masa tua. Walaupun tidak dihafalkan tetapi haya dibaca, Al-Qur’an dapat mencerdaskan otak, terlebih lagi apabila dibaca pada waktu pergantian siang dan malam yaitu setelah subuh sebelum terbit dan sehabis magrib sebelum isya’.

2. Belajar Dari Segala Hal



Mempelajari segala hal akan membuat otak kita menjadi berkembang. Karena segala hal dalam kehidupan dapat dipelajari dan diambil suatu hikmahnya. Dengan demikian kita kaan menjadi semakin Syukur dan mengerti akan keagungan Allah SWT, selain itu dengan banyak belajar kita akan menjadi lebih dewasa dan lebih bijak dalam memutuskan sesuatu, serta lebih matang untuk memutuskan sesuatu.

3. Makan makanan yang Bergizi Terutama Ikan.

Salah satu alasan kenapa sebagian besar orang jepang mempunyai daya kreatifitas yang tinggi adalah kebiasaanya menyantap ikan-ikan laut. Hal ini ternyata secara langsung mempengaruhi kinerja otak. Menurut penelitian, Ikan laut banyak mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh otak. Bahkan ada beberapa jenis ikan laut yang bila dikonsumsi secara teratur akan meningkatkan sistem pertumbuhan tubuh. Selain, itu kita juga harus melengkapi makana kita dengan berbagai makanan bergizi lainya seperti bayam, kangkung dan sayuran-sayuran bergizi lainya.

4. Puasa Sunnah

Jangan kira puasa menyiksa badan dan hanya mendapat pahala, tetapi puasa juga dapat mencerdaskan pikiran. Karena setelah saya teliti ternya orang dengan perut lapar dapat berfikir lebih jernih daripada orang dengan perut kenyang.(Bagi anda yang mempunyai perut gendut jangan tersinggung). Puasa yang sangat besar efeknya adalah Puasa Sunnah, baik Puasa Daud atau puasa Senin Kamis yang dilakukan secara rutin.

5. Bermain Games Edukatif



Banyak sekali game educatif yang bisa membuat daya kreatifitas dan daya ingat otak menjadi lebih baik. Game-game educatif juga secara tak langsung bisa mempengaruhi respon berfikir secara cepat, sehingga akan meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan otak. Salah satu game yang disebut-sebut sebagai game cerdas adalah Sudoku.

6. Hormati Guru



Kok caranya lebih ga nyambung lagi..? mungkin begitu pertanyaan anda..tetapi cara ini terbukti kita dapat menjadi lebih cerdas. Mengapa bisa demikian.?karena dengan menghormati guru kita jadi dapat lebih menghormati ilmu, maka dengan itu kita akan menjadi cerdas.

7. Tidur Siang



Ilmuwan menduga bahwa tidur siang memiliki dampak signifikan pada kapasitas memori otak. Penelitian terakhir menemukan bahwa tidur selama satu jam di sore hari meningkatkan daya kerja otak dan secara dramatis meningkatkan kemampuannya untuk mempelajari fakta-fakta baru dan tugas. Tidur setelah makan siang juga berfungsi sebagai bantuan regeneratif, yang memungkinkan otak untuk menjaga agar memori tetap tersimpan sementara informasi baru masuk. Para peneliti menemukan, mereka yang tetap terjaga sepanjang hari cenderung lebih sulit mempelajari tugas baru, sehingga para ahli berasumsi bahwa dampak jangka panjang dari tidur siang adalah mencegah penyakit mental degeneratif.

8. Berjemur



Para ilmuwan telah menemukan bahwa berjemur bisa meningkatkan kecerdasan Anda dan mencegah demensia. Asupan vitamin D bisa didapat
dari berjemur, tapi vitamin D juga dapat ditemukan dalam minyak minyak ikan. Yang dapat meningkatkan kemampuan menjaga otak tetap aktif dalam kondisi puncak seperti usia Anda. Selain itu, dalam Journal of Neurology menemukan bahwa hubungan antara peningkatan asupan vitamin D berdampak pada pengolahan informasi yang lebih cepat terutama pada pria berusia lebih dari 60 tahun.

9. Memotong rumput



Para peneliti menyatakan, bahan kimia yang ditemukan saat menyabit rumput tidak hanya dapat mengurangi stres dan membuat orang lebih bahagia, tapi juga bisa mencegah penurunan mental pada usia tua. Ilmuwan Australia mengklaim bahwa aroma rumput yang baru dipotong langsung bekerja pada otak, terutama pada wilayah emosi dan memori. Bahkan saat ini sudah dikeluarkan parfum yang beraroma rumput yang dipotong yang dapat digunakan untuk menciptkan rasa rileks dan merangsang otak individu sekitarnya.

10. Mempelajari musik sedari muda



Sebuah studi menunjukkan bahwa anak- anak muda yang mengambil pelajaran musik menunjukkan perkembangan otak yang lebih maju dan
memori meningkat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengambil musik.
Anak-anak yang dilatih musik ditemukkan lebih baik dalam tes memori
yang berhubungan dengan keterampilan kecerdasan umum seperti membaca, memori verbal, matematika, dan IQ. Para ilmuwan yang melakukan penelitian ini mengindikasikan musik yang berpotensi dapat meningkatkan kecerdasan pada anak-anak dari usia empat tahun.

11. Berbicara dengan bayi Anda



Para ahli menyatakan bahwa ibu yang berbicara dengan bayi dapat membantu otak anak mereka berkembang lebih baik. Peneliti dari Northwestern University di Illinois menemukan bahwa kata-kata memainkan peran penting dalam perkembangan otak anak- anak bahkan sebelum mereka mulai berbicara. Studi tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan dapat mengkategorikan kata- kata sesuai dengan representasi gambar mereka pada usia dini dapat memebnatu perkembangan otak anak.

sumber: kaskus


1 komentar:

Powered By Blogger