Rabu, 30 Januari 2013

Penghantar Listrik pada Jaringan Tubuh


      Arus listrik dalam tubuh adalah jenis ionik dan berhubungan dengan jumlah ion bebas dari garam, basa dan asam, juga berhubungan dengan konsentrasi, mobilitas, dan temperatur medium. Jaringan terdiri dari sebagian besar air dan elektrolit yang merupakan penghantar listrik yang baik, sementara lemak dan tulang merupakan penghantar listrik yang buruk.
Komposisi Cairan Dalam Tubuh
    Jumlah cairan dalam sel dan di luar sel. Cairan yang berada dalam sel disebut intracellular water sedangkan cairan yang berada di luar sel disebut extracellular water. Total cairan tubuh disebut dengan TBW. Tiga nilai ini mencakup:
  1. Cairan intrasel harus seimbang dengan jaringan sekitarnya yang berfungsi sebagai nutrisi sel dan detoksifikasi. 
  2. Di dalam sel berisi elektrolit. Untuk menjaga supaya cairan tetap didalam sel, jumlah elektrolit harus cukup untuk menjaga tekanan osmotik agar air tetap bertahan didalam sel. Kalium adalah elektrolit yang utama di dalam intrasel sedangkan Natrium adalah elektrolit yang utama dalam ekstrasel.  
  3. Asam lemak berada dalam membran sel. Jika tidak terdapat lapisan lemak di setiap sel dalam tubuh kita, maka semua cairan akan keluar. Lemak menolak air (seperti minyak dan asam cuka)  dan menjaga air tetap dalam sel.
Untuk bacaan selengkapnya, dapat kalian unduh disini ==> download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger